Saturday, March 24, 2012

Ibu Bekerja & Dampaknya bagi Perkembangan Anak

Salah satu dampak krisis moneter adalah bertambahnya kebutuhan yang tidak dapatterpenuhi karena semakin mahalnya harga-harga. Untuk memenuhi kebutuhantersebut salah satu caranya adalah menambah penghasilan keluarga...akhirnyakalau biasanya hanya ayah yang bekerja sekarang ibupun ikut bekerja. Ibu yangikut bekerja mempunyai banyak pilihan. Ada ibu yang memilih bekerja di rumahdan ada ibu yang memilih bekerja di luar rumah. Jika ibu memilih bekerja diluar rumah maka ibu harus pandai-pandai mengatur waktu untuk keluarga karenapada hakekatnya seorang ibu mempunyai tugas utama yaitu mengatur urusan rumahtangga termasuk mengawasi, mengatur dan membimbing anak-anak. Apalagi jika ibumempunyai anak yang masih kecil atau balita maka seorang ibu harus tahu betulbagaimana mengatur waktu dengan bijaksana. Seorang anak usia 0-5 tahun masihsangat tergantung dengan ibunya. Karena anak usia 0-5 tahun belum dapatmelakukan tugas pribadinya seperti makan, mandi, belajar, dan sebagainya.Mereka masih perlu bantuan dari orang tua dalam melakukan pekerjaan-pekerjaantersebut. Bila anak itu dititipkan pada seorang pembantu maka orang tua ataukhususnya ibu harus tahu betul bahwa pembantu tersebut mampu membimbing danmembantu anak-anak dalam melakukan pekerjaannya. Kalau pembantu ternyata tidakdapat melakukannya maka anak-anak yang akan menderita kerugian.

Pembentukankepribadian seorang anak dimulai ketika anak berusia 0-5 tahun. Anak akanbelajar dari orang-orang dan lingkungan sekitarnya tentang hal-hal yangdilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Anak yang berada di lingkunganorang-orang yang sering marah, memukul, dan melakukan tindakan kekerasanlainnya, anak tersebut juga akan bertumbuh menjadi pribadi yang keras. Untukitu ibu atau orang tua harus bijaksana dalam menitipkan anak sewaktu orang tuabekerja.
Kadang-kadanghanya karena lingkungan yang kurang mendukung sewaktu anak masih kecil akanmengakibatkan dampak yang negatif bagi pertumbuhan kepribadian anak pada usiaselanjutnya. Seperti kasus-kasus kenakalan remaja, keterlibatan anak dalamdunia narkoba, dan sebagainya bisa jadi karena pembentukan kepribadian di masakanak-kanak yang tidak terbentuk dengan baik.
Untuk itumaka ibu yang bekerja di luar rumah harus bijaksana mengatur waktu. Bekerjauntuk memenuhi kebutuhan keluarga memang sangat mulia, tetapi tetap harusdiingat bahwa tugas utama seorang ibu adalah mengatur rumah tangga. Ibu yangharus berangkat bekerja pagi hari dan pulang pada sore hari tetap harusmeluangkan waktu untuk berkomunikasi, bercanda, memeriksa tugas-tugassekolahnya meskipun ibu sangat capek setelah seharian bekerja di luar rumah.Tetapi pengorbanan tersebut akan menjadi suatu kebahagiaan jika melihatanak-anaknya bertumbuh menjadi pribadi yang kuat dan stabil.
Sedangkanuntuk ibu yang bekerja di dalam rumahpun tetap harus mampu mengatur waktudengan bijaksana.
Tetapi tugastersebut tentunya bukan hanya tugas ibu saja tetapi ayah juga harus ikutmenolong ibu untuk melakukan tugas-tugas rumah tangga sehingga keutuhan dankeharmonisan rumah tanggapun akan tetap terjaga dengan baik.

No comments:

Post a Comment