Saturday, March 24, 2012

Kunci Sukses Berpikir Berpositif


Mau tahu kunci kesuksesan hidup? Berpikirlah positif. Ya, berpikir positifmembuat Anda maju dan sukses. Dengan pikiran yang positif Anda dapat menjalanisegala sesuatu tanpa terbebani oleh seribu pikiran buruk. Anda juga terhindardari perasaan takut gagal. Jalan di depan Anda pun selalu terasa lapang.

Berpikir positif juga menyehatkan. Donald C. Cole, MD, peneliti senior padaInstitute for Work and Health di Toronto, menyatakan berpikir positif membantukesembuhan seseorang, bahkan yang terkena penyakit kronis. Ini bukan omongkosong klise belaka. Salah satu alasannya, karena itu memberi perasaan memilikikendali atas kesehatan tubuh dan masa depan Anda, jelas psikolog klinisElizabeth Carl, PhD.

Anda ingin tahu bagaimana langkah berpikir positif itu? Ikuti jurus-jurusberikut ini.

Bangkitkan motivasi. Membangkitkan motivasi diri yang kuat dan menambah wawasanyang memperkuat berpikir positif merupakan langkah penting. Pengukurankualitatif motivasi dapat dilakukan dengan memberikan pemisalan negative casejika suatu tujuan tak tercapai. Misalnya, renungkanlah kemungkinan jika Andatak diterima kerja? Dari jawaban Anda, Anda dapat memprediksi dan merasakanseberapa kuat motivasi Anda untuk diterima kerja.

Yakinlah bisa.
Kelemahan motivasi acap disebabkan oleh pikiran negatif tentang kemampuan dirisendiri, atau tentang mekanisme gerak kehidupan. Cobalah untuk membangkitkankonsep diri positif pada diri Anda. "Jika saya berpikir bahwa saya bisa,maka saya bisa." Katakan setiap ingin melakukan apapun. Yakinkan bahwaAnda bisa. Jika saat ini gagal, berusahalah terus-menerus tanpa kenal lelah.Percayalah, sugesti dari dalam diri dapat membantu Anda mempercepat mencapaiproses yang Anda harapkan.

Jangan fatalistis.
Jauhkan paham fatalisme yang menyerah pada nasib. Ini punya pengaruh kuat dalamdiri Anda untuk membenarkan kegagalan. Menyandarkan kesalahan atau kelemahanpada takdir, yang pengejawantahannya seperti dalam pernyataan bahwa "Sayapada dasarnya bodoh", misalnya, merupakan sumber negative thinking yangsignifikan. Anda harus memeranginya, jika ide tersebut ada pada diri Anda.

Lihat sisi baik.
Pandanglah sesuatu dari sisi baiknya. Karena berpikir positif adalah memandangsegala sesuatu dari sisi pandang kebaikannya. Orang yang berpikir positif akanmemandang keterbatasan kemampuannya pada suatu saat. Bukan sebagai suatu"kebodohan yang menimbulkan berbagai kesialan", tapi memandangnyasebagai suatu tantangan yang amat nikmat untuk diatasi. Orang yang berpikir positifakan memandang perjuangan dan harapan. Orang yang berpikir positif akanmemandang keterbatasan ekonominya sebagai suatu sarana untuk hidup sederhana.Dan dengan kesederhanaan ini ia akan mencapai kebahagiaan.

Mandiri selalu.
Pertahankan kebebasan Anda. Kebebasan adalah sesuatu yang paling bernilai yangdimiliki setiap orang. Kekebasan untuk berpikir, mencipta, akan tumbuh sepertiyang Anda harapkan, tentunya dengan cara yang positif. Ketika Anda menjadi amattergantung pada orang lain, Anda akan berpikir destruktif dan menjadi malas.

Tumbuhkan sikap ketaktergantungan segera mungkin.
Bertanggungjawablah pada hidup dan tindakan yang Anda lakukan. Sekali Andamerasa mampu mengontrol hidup, Anda memulai perjalanan pikiran positif Anda.Selalu ingat ketika Anda sedang memiliki masalah dengan berpikiran positif."Anda adalah apa yang Anda pikirkan, dan Anda merasa apa yang Andainginkan." Dengan melakukan ini, Anda akan selalu menjadi seorang pemenangdan seorang survivor ketika masa-masa sulit.

No comments:

Post a Comment